LPPM | IAIN Pekalongan

Panduan Diskusi Rutin

E-mail Print PDF
Ketentuan Kegiatan Diskusi Rutin
Dosen STAIN Pekalongan

  

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan diskusi rutin dosen STAIN Pekalongan merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan P3M STAIN Pekalongan dalam rangka membangun kultur akademik. Hasil evaluasi kegiatan diskusi rutin dosen STAIN Pekalongan menunjukkan:

1.  Rendahnya partisipasi dosen dalam kegiatan diskusi rutin
2.  Rendahnya produktivitas karya tulis ilmiah dosen
3.  Rendahnya mutu karya ilmiah dilihat dari tingkat orisinalitas, inovasi gagasan, rujukan jurnal terkini.
4.  Karya tulis ilmiah dosen STAIN Pekalongan belum berdampak signifikan terhadap pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan
     transformasi social.
5.  Lemahnya daya dukung (kebijakan, anggaran, manajemen, tata ruang, sarana) yang memungkinkan kultur akademik di STAIN
     Pekalongan menjadi kuat dan berkembang.

 

Tujuan

1.  Meningkatkan wawasan dan pengetahuan dosen STAIN Pekalongan
2.  Meningkatkan produktifitas dan mutu karya ilmiah dosen STAIN Pekalongan
3.  Membangun tradisi menulis dan dialog-kritis yang kuat di lingkungan civitas akademik STAIN Pekalongan
4.  Memberikan kontribusi pemikiran (alternative solusi) atas berbagai persoalan keumatan
5.  Memberikan sumbangan naskah bagi penerbitan jurnal di lingkungan STAIN Pekalongan (Jurnal Religia, Jurnal Hukum Islam, Jurnal Forum
     Tarbiyah, Jurnal Muwazah, dan Jurnal Penelitian)

 

Bentuk Kegiatan

Kegiatan diskusi rutin dosen STAIN Pekalongan terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu:

       1.    Diskusi tematik

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya mendorong dosen STAIN Pekalongan dalam merespon persoalan keumatan dewasa ini dan mampu memberikan kontribusi alternative-solusi atas masalah-masalah yang dikaji dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan diskusi rutin tematik dilakukan secara berseri di bawah tema besar “Islam dan Perubahan Sosial”. Tahun 2011 fokus  utama diskusi rutin tematik meliputi 3 (tiga) tema, yaitu korupsi, kemiskinan dan lingkungan hidup.

Ketiga tema yang disebutkan di atas masing-masing dibahas dalam kluster sesuai perspektif ilmu, dengan mempertimbangkan  kebutuhan jurnal ilmiah di lingkungan STAIN Pekalongan, sehingga nantinya tidak ada lagi jurnal yang kekurangan naskah dan terlambat terbit.

Ketiga tema diskusi rutin tematik di atas terbagi ke dalam sub-sub tema yang telah dibuat P3M STAIN Pekalongan. Pembagian tersebut masih bersifat tentative, artinya bisa berubah sesuai permasalahan yang akan dikaji. Sub-sub tema tersebut hanya sekadar gambaran umum agar lebih memudahkan ruang lingkup pembahasan sesuai dengan keahlian dan keragaman bidang ilmu dosen/calon dosen/dosen tidak tetap STAIN Pekalongan.

Setiap dosen/calon dosen/dosen tidak tetap diharapkan bisa menjadi pemakalah dalam kegiatan diskusi rutin tematik. Karena itu, P3M STAIN Pekalongan telah membuat daftar para penulis atau pembahas yang diharapkan bisa memberikan kontribusi tulisan dalam kegiatan diskusi tematik dimaksud.

Jika terdapat ketidaksesuaian dalam hal “sub-tema” dan “penulis/pemakalah yang diharapkan” mohon bisa diselesaikan di tingkat kluster. Dalam kaitan ini, P3M menunjuk seorang coordinator di masing-masing kluster.

Sebelum proses penulisan/diskusi, koordinator masing-masing kluster diharapkan dapat mengadakan pertemuan kluster terlebih dahulu (pematangan sub-sub tema untuk masing-masing kluster, sharing gagasan, sharing bahan bacaan, sharing metodologi, dan lain-lain).

2.  Diskusi Non Tematik

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya menyediakan ruang dialog-kritis dan penguatan wawasan/pengetahuan dosen/calon dosen/dosen tidak tetap STAIN Pekalongan sesuai dengan keahlian dan keragaman bidang keilmuan masing-masing.

Tahapan pelaksanaan diskusi rutin non-tematik sebagai berikut:

1.  Penyerahan naskah ke P3M
2.  Penjadualan diskusi
3.  Pelaksanaan

 

(Catatan Khusus: Setiap dosen/calon dosen diwajibkan pernah menjadi pemakalah dalam kegiatan diskusi rutin (tematik/non-tematik), minimal 1 kali dalam setahun. Dosen/calon dosen yang tidak memenuhi ketentuan ini akan dipertimbangkan dalam proses kenaikan pangkat/golongan).

 

Pedoman Penulisan Makalah

Penulisan makalah untuk kepentingan kegiatan diskusi rutin (tematik/non-tematik) mengikuti gaya selingkung masing-masing jurnal di lingkungan STAIN Pekalongan.