LPPM | IAIN Pekalongan

Buku Terbitan STAIN Press

E-mail Print PDF
alt
Penulis : Isrorudin
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN. 978-979-3968-62-9
 
Buku ini mencoba memotrey Jama’ah Tabligh dari berbagai sisi, terutama bagaimana mereka memahami sunnah Nabi Muhammad SAW. Adapun yang menjadi obyek penelitian buku ini adalah Jamaah Tabligh Kota Peklaongan yang bermarkas di Pondok Pesantren Sirojul Mukhlasin Gamer.
Doktrin Jama’ah Tabligh adalah mengamalkan enam sifat sahabat, yang didalamnya mengajurkan khuruj fi sabilillah yaitu meluangkan waktu untuk berdakwah keluar dari rumah dan mengamalkan sunnah-sunnah nabi dalam kehidupan sehari-hari, baik sunnah surah, sirah dan sunnah sarirah. Doktrin Jamaah Tabligh yang dirumuskan oleh pendirinya Syeikh Maulana Ilyas, sangat dipegang teguh oleh pengikut Jamaah Tabligh. Sehingga mereka rela mengirbankan waktu, harta, tenaga serta meninggalkan keluarga selama berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun demi menjalankan dakwah, mulai dari lintas daerab, pulau bahkan negara.
Kehiduran buku ini di tangan pembaca diharapkan bisa menjawab “teka teki” isu kelompok agama yang akhir-akhir ini angat seksi, khususnya Jamaah Tabligh sebagai jaringan yang sudah mendunia, Selamat membaca…… 
alt
Penulis : Salafudin & Nalim
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN 978-979-3968-66-7
 
Statistik secara global dibedakan menjadi dua, yaitu statustik deskriptif dan statistik inferensial. Pada statistik deskripstif analisis dilakukan terhadap objek tanpa digeneralisasi terhadap objek yang lebih luas. Statistik inferendial, disamping mendeskripsikan suatu objek sampel, bisa dilakukan generalisasi terhadap populasi darimana sampel yang diambil. Inilah statistik yang banyak diaplikasikan dalam dunia riset, khususnya riset pendidikan dan ilmu-ilmu sosial. Sebagai statistika terapan (applied statistic), buku ini penting bagi para dosen, akademisi, ilmuan, mahasiswa dan masyarakat umum yang berminat mengkaji statistik inferensia dan aplkikasinya dalam riset pendidikan dan sosial.
 
 
 
 
alt
Penulis : Waryani Fajar Riyanto
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN 978-979-3968-63-6

Buku ini salah satu ikhtiar penulis untuk merekontrusikan kembali tiga lapisan sejarah studi Islam di Indonesia. Lapis pertama adalah sejarah buku-buku dars/diktat kuliah studi Islam (dan jurnal studi Islam, Jurnal Al Jamiah dan Jurnal Studia Islamika) yang ditulis oleh civitas akademika PTAIN-S (1950-2014). Lapis kedua adalah sejarah antologi studi Islam di PPS PTAI Indonesia (1980-2014). Lapis ketiga, sebagai fokus utama kajian buku ini adalah sejarah proceedings studi Islam di Forum AICIS (2001-2014). Ketiganya adalah “benteng terakhir” untuk menyelamatkan nasib ilmu-ilmu keagamaan Islam di era transformasi dari IAIN dan STAIN menuju UIN. Untuk menata ulang kembali artefak-artefak pemikir(an) yang berceceran dimana-mana tersebut, sehingga menjadi bangunan utuh arsitektonik Studi Islam Indonesia, penulis menggunakan pendekatan sejarah pemikiran dan filsafat ilmu sistem, dengan metode dokumentaris-photografis-kronologis. Hasilnya, rajutan ketiga lapis sejarah studi Islam do Indonesia tersebut dapat dikembangkan utuk mengagas Mazhab Studi Islam Indonesia (Pancasila+Cinta Tanah Air dan Bangsa = Paradigma Teoantropo-kosmosentrik Sistemik). Studi Islam Indonesia tersebut dapat “dirumahkan” ke dalam tujuh kluster keilmuan:”S-A-T-U D-ESA-IN”: (S)YARI’AH, (A)DAB, (T)ARBIYAH, (U)SHULUDDIN, (D)AKWAH, (E)KONOMI (S)Y(A)RI’AH, (IN)TEGRASI SAINS. Model keilmuan yang penulis tawarkan dalam buku ini adalah “Jaring lebah keilmuan” (scientific bee web). Buku ini juga dilengkapi dengan daftar indeks para kontributor penulis artikel-artikel di proceeding AICIS (2001-2014). 
alt
Penulis : Muhandist Az-Zuhri, Musoffa Basyir, Muhammad Jaeni
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN 978-979-3968-65-0
 
Bahasa bukan sekedar rangkaian kata atau bunyi yang tersusun secara acak. Sebab, sebagai suatu sistem tanda, bahasa adalah alat komunikasi masyarakat untuk mengucapkan suatu maksud tertentu. Hal ini menyebabkan bahasa-mau tidak mau-harus mengalami perubahan, mengikuti perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Di samping sebagai bahasa Tuhan (bahasa Al-Qur’an), bahasa Arab juga sebagai alat kominikasi manusia sebagai pemakai bahasa. Terjadinya perkembangan dalam bahasa Arab disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: kebutuhan, perkembangan sosial budaya, persaan emotif dan jiwa, penyimpanan bahasa, perubahan makna dari kata hakiki ke makna majazi, dan adanya inovasi atau kreatifitas. Buku ini menyajikan fakta kepada pembaca bahwa ternyata bahasa Arab mengalami metamorfosis pemaknaan karena mengikuti perkembangan zaman, sehingga ada pemaknaan masa lalu dan pemaknaan masa kini. Inilah salah satu bukti mukjizat Al-Qur’an yang shalihun likulli zaman wal makan, selalu sesuai dengan waktu dan tempat.
alt
Penulis : Muhammad Jaeni
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN. 978-979-3968-64-3
 
Pesantren, terbukti selalu tampil menjadi inspirator, inisiator dan pioneer dalam dunia pendidikan. Kini pesantren menghadapi polemik dikotomi ilmu umum dan agama yang tak kunjung usai. Melalui sistem sekolah berpesantren, dikotomi ilmu umum dan agama dapat diurai, dijembatani dan di integrasikan menjadi kekuatan kolaboratif yang hebat untuk menjawab perubahan zaman. Karya ini mewartajan bahwa sistem sekolah berpesantren merupakan solusi yang cerdas bagi pihak-pihak yang ingin mendalami ilmu secara utuh, holistik, komprehensif dan paripurna.
alt
PenulisMuh. Slamet Untung & Ahmad Ta’rifin 
STAIN Pekalongan Press 2014
ISBN : 978-979-3968-67-4
 
KI HAJAR DEWANTARA merupakan founding fathers bangsa ini, yakni Bapak Pendidikan Nasional dalam konteks Islam Era Reformasi. Pendidikan dan kebudayaan pada dasarnya memiliki hubungan sangat erat. Namun, faktanya pendidikan nasional Indonesia di Era Reformasi saat ini telah kehilangan arah yang hakiki. Pendidikan nasional telah mengarah kepada intelektualisme yang pernah dikritik habis-habisan oleh Ki Hajar Dewantara, dan bukan pada pembentukan kepribadian anak Indonesia yang utuh. Pendidikan berubah menjadi pengajaran. Ironisnya, pemerintah justru bangga dengan kesuksesan putra-putri bangsa memenagkan medali pada olimpiade science, tetapi miskin dalam pembinaan kebangsaan dan kebudayaan Indonesia. Sistem pendidikan yang lebih mengutamakan pendidikan intelektual menurut Ki Hajar Dewantara akan menimbulkan intelektualisme, yaitu intelek yang berkuasa dalam jiwa manusia. Sementara itu, budi manusia diabaikan. Pendidikan yang hanya berorientasi pada intelek berakibat pada hancurnya nilai-nilai kebudayaan bangsa. Tampaknya, di Era Reformasi yang menghendaki terwujudnya suatu sitem pendidikan nasional harus menemukan kembali pendidikan nasional dan dilakukan sedini mungkin di dalam lingkungan keluarga khususnya dari masyarakat. Kehadiran Buku ini diharapkan menjadi salah satu solusi dari kegelisahan intelektual dan spiritual sehingga dapat memicu dan memacu semangat menelaah secara lebih serius mengenai relevansi pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan praktis pendidikan nasional di Era Reformsi ini dan berupaya mengartikulasikannya dalam sistem pendidikan nasional dewasa ini.
 
 jihad
Penulis : Abdul Aziz, dkk
STAIN Pekalongan 2013
ISBN : 978-979-3968-59-9
 
Jihad, sekarang ini, telah menjadi kata kunci dan isu penting terkait dengan munculnya pemahaman dan fenomena keberagamaan umat yang cenderung semakin literal, keras dan radikal. Jihad hanya mendapat makna tunggal dan direduksi menjadi aksi pembunuhan secara membabi buta. Islam sebagai agama perdamaian pun akhirnya identik sebagai agama “teriris”. Tak pelak dibutuhkan segera pemaknaan ulang jihad secara lebih komprehensif, kritis dan kontektual. Pada dasarnya jihad memiliki banyak makna. Pendekatan tekstual legalistik dalam memahami konsep jihad pada akhirnya hanya akan mereduksi makna jihad itu sendiri dan karena itu gagal memahami ajaran Islam secara lebih luas.
Buku ini telah mencoba penajang lebar mengkaji jihad dari berbagai aspek, yaitu al-qur’an, hadits, tasawuf, fiqih, ekonomi dan pemikiran keislaman. Jihad yang berkonotasi perang hanya begian kecil dalam struktur ajaran islam. Jihad adalah menegakkan hak-hak dasar manusia, tidak hanya bagi kaum muslimin tetapi juga bagi non-muslim.
 
etika dalam perspektif al quran hadits
Penulis : Imam Suraji
STAIN Pekalongan 2013
ISBN : 978-979-3968-57-5
Menyadari pentingnya peerapan ilmu akhlak dalam pembentukan kepribadian manusia, maka tidak mengherankan apabila mata pelajaran akhlak atau budi pekerti diusulkan untuk ditetapkan sebagai salah satu mata pelajaran yang harus diberikan disetiap jenjang pendidikan. Khusus dalam lembaga pendidikan yang berada dibawah pembinaan kementerian agama. Pendudukan akhlak telah ditetapkan sebagai salah satu materi yang harus diberikan dari tingkat madrasah ibtidaiyah sampai perguruan tinggi. Oleh karena itu, ilmu akhlak merupakan mata pelajaran atau mata kuliah yang berdiri sendiri dan wajib diikuti oleh seluruh pelajar datau mahasiswa.
 sistem kewarisan islam
Penulis : Waryani Fajar Riyanto
STAIN Pekalongan 2012
ISBN : 978-979-3968-62-8
 
Buku studi hukum kewarisan Islam ini ditulis dengan menggunakan pendekatan interdisipliner-bedakan antara istilah-kistilah multidisipliner, interdisipliner dan transdisipliner-, suatu pendekatan yang dapat mengungkap rahasia-rahasia ayat-ayat (tentang waris) dalam al-qur’an. Sehingga buku ini dapat memberikan inspirasi (inspiring) bagi para pengkaji hukum keluarga (kewarisan) Islam kontemporer, agar juga menggunakan pendekatan interdisipliner (bukan pendekatan monodisipliner)
(Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, M.A, Guru Besar Hukum Keluarga Islam UIN Sunan Kalijaga).
 ilmu kaidah fiqh
Penulis : Ade Dedi Rohayana
STAIN Pekalongan 2012
ISBN : 978-979-3968-58-2
 
Syari’at Nabi Muhammad terbagi 2 yaitu pokok dan cabang. Pokoknya terbagi 2 yaitu ushul fiqh dan kaidah-kaidah kulliyyah fiqhiyyah. Secara umum, ushul fiqh menhkaji kaidah-kaidah hukum yang muncul dari lafal seperti bentuk-bentuk khusus dan umum serta nasikh-mansukh. Kaidah-kaidah kulliyyah fiqhiyyah yaitu kaidah-kaidah yang nilainya tinggi dan jumlahnya banyak serta mempunyai cabang-cabang hukum yang tak terhingga. Kaidah-kaidah fiqh ini tidak disebutkan dalam ushul fiqh selain hanya secara global saja. Kaidah-kaidah fiqh ini sangan penting dan bermanfaat bagi ilmu fiqh. Kebesaran dan keagungan seorang ahli fiqh terkait dengan keahliannya dalam ilmu ini, sebagai acuan baginya dalam menetapkan fatwa.
 
 
 manusia
Penulis : Tri Astutik Haryati
STAIN Pekalongan 2012
ISBN : 978-979-3968-55-1
 
Pilihan itu sendiri adalah suatu yang menentukan kandungan kepribadian; didalam pilihan, kepribadian membenamkan diri dalam apa yang dipilihnya dan jika ia tidak memilih maka ia berarti menyia-nyiakannya tanpa guna (Soren Kierkegaard 1813-1855)Filsafat adalah sekumpulan abstraksi yang menggigil dalam malam dingin akal manusia. Penyair datang menghangatkan mereka ke dalam obyektifitas (M. Iqbal 1877-1938)
 
 islam  sosial perubahan
Penulis : Maghfur dkk
STAIN Pekalongan 2011
ISBN : 978-979-3968-55-1
 
Korupsi, kemiskinan, dan lingkungan adalah problem besar bangsa ini. Korupsi sudah dianggap bencana nasional karena dilakukan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat mulai dari birokrat, politisi, sampai rakyat biasa sehingga tidak salah jika koruopsi dianggap sebagai penyakit kronis yang sulit diobati. Sedangkan kemiskinan, meskipun berdasarkan perhitungan statistik menunjukan penurunan, namun nyatanya tetap menjadi masalah sosial yang sulit diatasi karena kegagalan pemerintahan dalam membangun perekonomian bangsa yang berpihak pada kaum miskin. Demikian pula halnya dengan masalah lingkungan. Ilegal logging dan kerusakan lingkungan-baik yang terjadi di daerah hulu maupun hilir-menjadi sederet masalah yang mengancam tidak hanya kehidupan manusia, tapi juga makhluk hidup lainnya yang menjadi penyeimbang kehidupan alam.
 wacana islam kontemporer
Penulis : M. Slamet Untung
STAIN Pekalongan 2011
ISBN : 978-979-3968-54-4
 
Islam adalah agama dan peradaban, hal tersebut dapat dilihat dalam realitas sejarah yang telah berlangsung selama 14 abad didalam sejarah umat manusia dan jejak kaki geografis pada area luas yang membentang di benua asia dan Afrika, bahkan sebagian dataran Eropa. Islam bukan sekedar sistem religi, ia juga spirit pencipta dan penggerak peradaban besar dunia dengan sejarah yang menoreh lebihdari 14 abad.Buku Wacana Islam Kontemporer ini menyajikan diskursus tentangislam dalam konteks kekinian/kontemporer dengan memfokuskan kajian pada tema-tema tentang pendidikan, sossio-religius, dan budaya. Dalam buku ini dipaparkan berbagai wacana kontemporer, seperti pendidikan nilai mnoral keagamaan, kritik terhadap pemikiran modernisasi pendidikan islam Fazlur Rahman, pendidikan islandalam bingkai islamisasi ilmu pengetahuan, peran kelembagaan pendidikan pesantren dalam ;penegakan moral, dan lain sebagainya  
 2011-character building
Editor : A. Ta'rifin & Musoffa Basyir
STAIN Pekalongan 2011
ISBN : 978-979-3968-50-6
 
Proceding yang ada di hadapan pembaca ini merupakan kumpulan makalah pada Seminar Internasional “Character Building Through Education” yang diselenggarakan oleh STAIN PEkalongan bekerjasama dengan University of Malaya.Banyaknya makalah –yang ditulis oleh para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia ini – yang dipresentasikan dalam Seminar Internasional menunjukkan apresiasi dan partisipasi tinggi dari para stakeholder pendidikan tentang pentingnya pendidikan karakter diimplementasikan dalam praktis pendidikan di Negara kita, setelah lembaga pendidikan persekolahan “dituding” tidak berdaya dalam memoralisasi peserta didik menjadi insane kamil dan mensemestakan potensi moralitas, nilai, budi pekerti, rasional, skill kerja peserta didik.Proceding ini patut diberikan apresiasi, karena banyaknya pemikiran tentang pendidikan karakter ini memungkinkan suatu gagasan berjalan tidak searah-sejalan, tetapi saling timbale-balik dan saling melangkapi.
 alt
 Penulis : Musfirotun Yusuf
STAIN Pekalongan 2010
ISBN : 978-979-3968-41-4

Buku ini mereview buku-buku tentang kebudayaan yang sudah ada guna melengkapi khazanah keilmuan dan menambah wawasan serta daya pikir bangsa indonesia yang selama ini dirasa sudah kehilangan ciri khasnya sebagai bangsa yang murah senyum, kental dengan kebudayaan lokalnya.

 alt
Penulis : A. Ta'rifin
STAIN Pekalongan 2010
ISBN : 978-979-3968-41-4

Buku yang ada dihadapan pembaca ini mengupas persoalan berkaitan ilmu alam dengan pendekatan filosofis-empiris serta nilai-qur’ani. Pendekatan filosofis dan empiris dapat membantu mahasiswa memiliki latar belakang keilmuan yang berbasis ilmiah: rasional, empiris dan pragmatis. Sedangkan pendekatan nilai qur’ani (agama) dimaksudkan agar mahasiswa yang mengambil mata kuliah IAD tidak terjebak dalam dunia ilmu alam dengan cara pandang sekuler dan ateis yang serba logis dan empiris seakan menafikan Tuhan dalam setiap proses dan fenomena alam semesta ini.

Sesuai dengan Silabus IAD, matakuliah ini bertujuan mengkaji fakta-fakta alamiah yang terjadi berdasarkan hokum kausalitas. Fakta-fakta alamiah tersebut akan dijelaskan dengan pendekatan filosofis, ilmu pengetahuan alam (sains), dan pendekatan nilai qur’ani (agama). Dua pendekatan ini perlu dilakukan karena banyak ayat al-qur’an yang menyebutkan peristiwa-peristiwa yang ada hubungannya dengan ilmu alam (sain), sehingga mahasiswa sebagai calon sarjana muslim mampu memahaminya secara terpadu dan ilmiah.

 alt
Penulis : Maghfur dkk
STAIN Pekalongan 2010
ISBN : 978-979-3968-43-8

Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Tanpa air bersih, manusia tak akan mampu bertahan hidup sebagaimana mestinya. Minus air, manusia tak akan pernah merasakan hidup layak dan mustahil mampu menjalankan fungsi-fungsi kemanusiaan. Pada faktanya, tingkat kelangsungan hidup dan kesejahteraan warga sangat ditentukan oleh kualitas air. Bagi kehidupan bernegara, air besih adalah hak yang sudah seharusnya dinikmati setiap warga tanpa terkecuali. Negara berkewajiban memenuhinya tanpa syarat.

Buku ini semula merupakan laporan akademik, “Merebut Hak atas air Bersih: program pemberdayaan Masyarakat Desa Karngjompo, kec. Tirto, kab. Pekalongan” sebuah program pemberdayaan komunitas berbasis pada paradigma, metode dan tehnik participatory action research (PAR). Riset partisipatori diyakini sebagai salah satu cara yang efektif untuk dapat menyelesaikan problem-problem kemanusiaan, seperto krisis air bersih, yang dihadapi oleh masyarakat. Keyakinan ini lahit di tengah-tengah kenyataan bahwa paradigma positivistik dan pembangunanisme yang selama ini berjalan, ternyata kurang berdampak pada transformasi sosial. Buku ini menawarkan pendekatan dan perspektif yang berbeda.

 alt
Penulis : Imam Kanafi
STAIN Pekalongan 2009
ISBN : 978-979-3968-33-9
 
Masalah Terbesar yang dihadapi semua manusia dalam menjalani kehidupan ini adalah mengenalTuhan melalui ilmu dan amal. Pengenalan tersebut akan melahirkan kemampuan manusia merespon segala realitas kehidupan dalam segala realitas kehidupan dalam segala keadaan secara bijak, santun, cerdas, dan jauh dari ketegangan, stres, depresi bahkan konflik. Hanya dengan bersandar pada Allahlah sikap tersebut akan terwujud, dan Tasawuf mengantarkan ke arah yang dimaksud. Sebagai The Heart of Islam, Tasawuf  menguraikan beberapa hal penting yang merupakan landasan bagi terbentuknya sikap bijak dan cerdas dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan yang terus berkembang dan berubah. Untuk kepentingan itulah buku Pokok-pokok Ajaran Tasawuf ini dihadirkan kehadapan pembaca. Diharapkan buku ini dapat memberikan pemahaman kepada berbagai lapisan masyarakat, baik akademik maupun praktisi secara mudah dan efektif. Yang lebih penting lagi adalah dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk kultur yang bermartabat, berbudi luhur dasn berakhlaqul karimah di segala keadaan
 alt
Penulis : Umum Budi Karyanto
STAIN Pekalongan 2009
ISBN : 978-979-3968-14-8
 

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan para pemerhati bahasa Indonesia, baik dosen, mahasiswa, maupun khalayak yang menaruh minat pada masalah kebahasan bahasa Indonesia. Penyusunan buku ini dititikberatkan pada kemampuan menulis dengan menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang aik dan benar. Oleh karna itu, dalam penyusunan buku ini dilengkapi dengan standar esensi kebutuhan para pemerhati bahasa Indonesia. Buku ini juga sangat bermanfaat, baik bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islammaupun Perguruan Tinggi Umum yang sedang mengambil Mata Kuliah Bahasa Indonesia maupun mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi sebab di dalam penyusunannya dilengkapi dengan metode penulisan kutipan dan notasi ilmiah, bibliografi, serta pedoman transliterasi Arab-latin yang semuanya berkaitan erat dengan penulisan karya ilmiah

 alt
Penulis : M. Slamet Untung
STAIN Pekalongan 2009
ISBN : 978-979-3968-66-3
 
“...MELACAK HISTORISITAS SYI’AHKontroversi Seputar Ahl al-Bayt Nabi berusaha memberikan klarifikasi terhadap diskursus tentang ahl al-Bayt yang hampir selalu berkaitan dengan fenomena Syi’ah karena mereka-lah para pendukung’Ali (‘Alid supporters)  yang secara embrional menjadi  gagasan Syi’isme-proto syi’ah-sebagaimana- istilah tersebut dipakai oleh W.Montgomery Watt. Sebagai sebuah mazhab politik, Syi’ah terdiri dari beberapa macam sekte dengan tujuan yang berbeda-beda. Satu prinsip yang disepakati oleh seluruh sekte Syi’ah adalah menyangkut persoalan imamah atau khilafah. Menurut mereka imamah/khilafah harus berasal dari keturunan’Ali. Imamah tidak sekedar menjadi persoalan politik, tetapi telah menjadi bagian ‘aqidah’ agama (theological part of religion), dan bahwasannya ‘Ali dengan Ahl  al- Baytnya adalah orang-orang yang berhak menjadi imam (khalifah). Diskusi tentang Syi’aj tidak pernah sunyi dari pembahasan tentang Khawarij sebagai kelompok penentang ‘Ali. Di dalam sejarah, baik Syi’ah maupun Khawarij memiliki pandangan teologis yang cukup kontradiktif. Berbeda dari Khawarij , diantara sub-sekte Syi’ah memiliki ajaran yang sangat ekstrim dalam bentuk penuhanan terhadap ‘Ali. Kekacauan politik yang menjadi setting sejarah munculnya mazhab-mazhab teologi seperti Mu’tazilah dan Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Ahl al-Sunnah pada dasarnya merupakan antitesa dari Mu’tazilah yang super rasionalistik dalam memahami konsep-konsep teologi...”
 alt
Penulis : Agus Arwani
STAIN Pekalongan 2008
ISBN : 978-979-3968-27-8

Buku ini terdiri dari empat bagian, secara berurutan: Bagian 1 Membahas Word Processing, Bagian 2 membahas tentang spreadsheet, bagian 3 membahas tentang Media Presentasi (Microsoft Power Point), Bagian 4 membahas tentang Pengenalan Internet. Buku ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengambil mata kuliah Informatika Komputer

 

 
 alt
Penulis : A. Zuhri
STAIN Pekalongan 2008
ISBN : 978-979-3968-28-5

Dalam Islam sebenarnya terdapat berwarna-warni aliran teologi. Ada aliran yang kental dengan warna rasional, ada aliran yang kental dengan warna tradisional, dan ada pula aliran yang kental dengan warna antara rasional dan tradisional. Semua warna teologi dalamIslam tersebut tidak bertentangan dengan ajaran-ajaran dasar Islam. Mereka berbeda hanya dalam masalah furuiyyah, namun masih satu warna dalam masalah Ushuliyyah yang diyakini oleh semua umat Islam karena bersumber dari al-Qur’an dan as-Sunnah Oleh karena itu, penulis tergerak hati untuk menyusun buku ini yang memperkenalkan aliran-aliran teologi yang beaneka warna kepada mahasiswa

 

 alt
Penulis : M. Sugeng Sholehudin
STAIN Pekalongan 2008
ISBN : 978-979-3968-30-8

Berkembangnya ilmu psikologi perkembangan di Indonesia telah menarik banyak peminat untuk mengetahui dan mempelajari ilmu ini. Akan tetapi kesulitan yang sering dihadapi adalah banyak buku-buku psikologi perkembangan tercetak dalam bahasa asing, khususnya buk mata kuliah untuk tingkat perguruan tinggi. Buku edisi ini dirancang untuk menyajikan sebuah pengantar pengertian psikologi perkembangan beserta ruang lingkup yang mengitari seperti; sejarah lahirnya ilmu Psikologi Perkembangan, pendekatan dan teori yang digunakan serta pertumbuhan dan perkembangan masa anak sampai remaja,sampai pada kehidupan masa dewasa dan uisa lanjut.

 

 alt
Penulis : Maghfur
STAIN Pekalongan 2007
ISBN : 978-979-3968-16-2
 
Doktrin bahwa Islam mencakup segala aspek kehidupan merupakan pemahaman yang dominan di kalangan umat Islam. Islam dipahami sebagai sistem nilai yang komprehensif dan paripurna. Diantara salah satu sistem yang dimaksud adalah sistem hukum (fiqh) sebagai rujukan bagi kaum muslim dalam beraktivitas sosial. Begitu pentingnya, sehingga ia menempati posisi sentral dalam piramida ajaran Islam. Mengingat pentingnya hukum Islam dalam skema doktrinal tersebut, sehingga ada anggapun bahwa “mustahil memahaminya Islam tanpa memahami hukum Islam”.

 

 alt
Penulis : Samsul Bahri
STAIN Pekalongan 2006
ISBN : 978-979-3968-49-6

 

“...harus diupayakan cara lain agar hukum Islam bisa menjadi hukum positif di semua tingkat peradilan, bukan hanya di pengadilan Agama yang mempunyai kewenangan terbatas pada akhwalusy syakhsiyyah (hukum keluarga). Upaya ini memang berat dan penuh tantangan. Namun demikian bukan berarti tidak ada celah sama sekali. Salah satu celah yang menjadi alternatif adalh positivisasi hukum Islam melalui yurisprudensi Mahkamah Agung, sebagaimana ditawarkan oleh saudara Samsul Bahri dalam buku ini. Di tengah tarik ulur politik melalui lembagalegislatif dan pergulatan intelektual melalui upaya “pensejajaran”ilmu hukum islam dan hukum umum, gagasan  positivisasi hukum Islam melalui yurisprudensi seakan membedah kabuntuan tersebut.”

 alt
Penulis : Shinta Dewi Rismawati
STAIN Pekalongan 2006
ISBN : 978-979-3968-13-1

Hukum tata negara adalah hukum yang mengatur tentang segala seuatu yang berkaitan dengan organisasi negara, alat-alat perlengkapan negara, hubungan antara alat-alat perlengkapan yang satu dengan yang lain dan hubungan antara alat-alat perlengkapan negara dalam kapasitas sebagai penjelmaan Negara dengan warga negaranya, baik dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis.

 

 

 alt
Penulis : Ali Trigiyatno
STAIN Pekalongan 2005
ISBN : 978-979-3968-09-5
 

Perbandingan Madzhab memuat kajian perbandingan antar madzhab, yang dilengkapi dengan materi keindonesiaan,khususnya yang menyangkut metode penetapan fatwa NU, Muhammadiyah. Persis, dan MUI. Buku ini juga membahas etika dan adab seorang Muslim dalammenghadapi masalah-masalah khilafiyah yang sering muncul di tengah-tengah masyarakat.

  

 

 alt
Penulis : Sudaryo El Kamali
STAIN Pekalongan 2005
ISBN : 978-979-3968-07-9

Bagi umat Islam, mempelajari Alquran hukumnya wajib, karena Alquran adalah kitab suci yang memuat ajaran serta tuntunan hidup paling lengkap dan sempurna yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Maka Studi Alquran ini penting untuk jembatan memahami ‘Ulumul Quran (ilmu-ilmu syar’iyah dan arabiyah) dan ilmu tafsir pada umumnya. Oleh sebab itu, kepada umat Islam dipujikan untuk membaca dan mengoleksinya.

 

 

 alt
Penulis : Ade Dedi Rohayana
STAIN Pekalongan 2005
ISBN : 978-979-3968-00-1
 
Sebagai rahmat bagi alam semesta (Rahmatan Lil Alamin), Islam telah memberikan aturan-aturan yang jika dipatuhi akan menjadikan kehidupan mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Aturan-aturan itu dapat berupa perintah, larangan, anjuran dan kebolehan. Dalam perspektif Mahzab Syafi’I, aturan-aturan itu dikenal dengan hokum wajib, haram, sunnah, mubah, dan makruh.
Seiring dengan perkembangan zama yang banyak melahirkan problem kontemporer, aturan-aturan yang sudah jelas dalil tekstualnya da;am alqur’an dan sunnaj belum mam[u mengkover sebagian problem baru tersebut. Padahal umat membutuhkan kepastian hokum. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi umat islam.
Buku Ushul Fiqih ini menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan penetapan hokum fikih, dari mana sumbernya dan bagaimana prosesnya. Anda yang punya perhatian terhadap hukum Islam, baik mahasiswa, peneliti, dai dan siapapun yang mengaku sebagai umat Islam layak menjadikan buku ini sebagai referensi utama dalam memahami proses terbentuknya sebuah hukum.