LPPM | IAIN Pekalongan

Panduan Penerbitan

E-mail Print PDF

PROGRAM PENERBITAN KARYA ILMIAH

(BUKU DARAS/ILMIAH POPULER DAN JURNAL PENELITIAN)

 

 

Deskripsi Program

Program penerbitan karya ilmiah yang dimaksud di sini meliputi kegiatan penulisan buku daras/ilmiah popular dan jurnal penelitian yang dikelola oleh P3M STAIN Pekalongan.

Adapun tujuan program ini, pertama, menyediakan bahan bacaan bagi mahasiswa dalam  proses belajar mengajar di kampus. Kedua, penyebarluasan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan umat. Ketiga, sebagai sarana keterlibatan STAIN Pekalongan dalam usaha-usaha ikut memecahkan problem-problem keumatan secara luas.

 

Ketentuan Penulisan Buku

1. Tema utama dan isi buku memiliki kesamaan dan atau berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan di STAIN Pekalongan, dan atau memiliki relevansi dengan kebutuhan umat, dan atau memiliki kontribusi signifikan dalam upaya menawarkan alternative solusi atas berbagai persoalan keumatan.

2. Naskah bisa merupakan hasil penelitian, pemberdayaan, hasil pemikiran, atau karya terjemahan dosen.

3. Program ini bisa diakses oleh semua dosen STAIN Pekalongan secara kompetitif.

4. Penulis bisa individual maupun kelompok, baik dengan menggunakan perspektif disiplin, interdisiplin maupun multidisiplin.

5. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang pengunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

6. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas A4 dengan huruf 12 times new roman.

7. Panjang tulisan berkisar 150-250 halaman (di luar kata pengantar dan daftar pustaka).

8. Tim penilai naskah dalam kegiatan penulisan buku ini terdiri atas tim editor (para dosen STAIN Pekalongan yang memiliki kompetensi sesuai dengan materi keilmuan yang dikaji dalam buku bersangkutan) yang diangkat oleh Ketua STAIN Pekalongan. Bila dipandang perlu, tim editor dapat diangkat dari pihak penerbit buku yang menjadi mitra kerja P3M STAIN Pekalongan.

 

Ketentuan Penulisan Jurnal Penelitian

1. Artikel yang ditulis untuk JP meliputi hasil penelitian di bidang keagamaan  Islam. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan 1,5 spasi, dicetak pada kertas A4 sepanjang maksimum 20 halaman, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar beserta CD-nya. Berkas (file) dibuat dengan Microsof Word. Pengiriman file juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis terdiri dari 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama; nama penulis-penulis lainnya dicantumkan pada catatan kaki halaman pertama naskah. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis di anjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.

3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan format esai, disertai judul pada masing-masing bagian artikel, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul bagian. Judul artikel dicetak dengan huruf besar ditengah-tengah, dengan huruf sebesar 14 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal miring), dan tidak mengunakan angka/nomor pada judul bagian:

PERINGKAT 1 (HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI)

Peringkat 2  ( Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)

Peringkat 3  (Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri)

4. Sistematika artikel hasil penelitian adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 100 kata); yang  berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci; pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil dan pembahasan; kesimpulan dan saran; daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

5. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah

6. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003: 47).

7. Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

 

Buku:

Esack, Farid. 1997. Qur`an Liberation & Pluralism: An Islamic Perspective of Interreligious Solidarity Against Oppression. Oxford: Oneword.

Buku kumpulan artikel:

Meuleman, Johan Hendrik (Eds.). 1996. Tradisi, Kemodernan, dan Metamodernisme. Yogyakarta: LKiS.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Mahfudh, MA. Sahal. 2002. Bahtsul Masa’il dan Istinbath Hukum NU. Dalam m. Imdadun Rahmat (Eds.). Kritik Nalar Fiqih NU Transformasi Paradigma Bahtsul Masa’il (hlm. 62-84). Jakarta: Lakpesdam.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Richard, Thomas. 1981. Menguak Abad Baru Hijrah di Eropa. Panji Masyarakat, XII: 314.

Artikel dalam koran:

Sadli, Saparinah. 21 April 2010. Nasib Perempuan Indonesia. Kompas, hlm. 7.

Tulisan/berita dalam Koran (tanpa nama pengarang):

Kompas. 21 April, 2010. Ribuan orang Stres di Bandara, hlm. 1

Dokumen Resmi:

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Buku terjemahan:

Boullata, Issa J. 1997. Dekonstruksi Tradisi, Gelegar Pemikiran Arab Islam. Terjemahan oleh Imam Khoiri. 2001. Yogyakarta: LKIS.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Wastono, Afdol Tharik. 1997, Kongruensi dan Reaksi dalam Bahasa Arab. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: PPS Universitas Indonesia.

Makalah seminar, lokakarya, penataran:

Machasin. 1997. Tawaran Arkoun dalam Kajian Alqur’an. Makalah disajikan dalam Bedah Buku, Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerjasama dengan Alumni McGill, Yogyakarta, 8 Oktober.

Internet (karya individual):

Zada, Khamami. 2003. Orientasi Studi Islam di Indonesia Mengenal Pendidikan Kelas Internasional di Lingkungan PTAI (Online), (http://www.ditperta­is.net/jurnal/vol62003c.asp, diakses 22 April 2010).

Internet (artikel dalam jurnal online):

Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Internet (bahan diskusi):

Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NATTRAIN Discussion List, (Online), ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , diakses 22 November 1995).

Internet (e-mail Pribadi):

Sholeh, Abdullah. ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ). 1 April 2010. Artikel untuk JPK. E-mail kepada Ali Bohay ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ).

 

8. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitakan secara tertulis.

9. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.

  Panduan bisa di Download disini